PENYULUHAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK UMKM DI DESA SUNGKAP KEAMATAN SUNGAI SELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

Keywords:

UMKM, Desa Sungkep, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Digital Marketing

Abstract

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM di Desa Sungkep, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah dalam memanfaatkan digital marketing sebagai strategi pemasaran modern. Melalui pendekatan partisipatif, kegiatan penyuluhan ini melibatkan 25 pelaku UMKM dalam workshop interaktif dan pendampingan intensif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman digital marketing peserta, dengan rata-rata skor pemahaman meningkat dari 40% menjadi 85% pasca pelatihan. Seluruh peserta berhasil membuat akun media sosial bisnis dan mulai menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Dalam satu bulan setelah kegiatan, beberapa peserta melaporkan kenaikan penjualan hingga 20%. Namun, tantangan berupa keterbatasan infrastruktur internet dan literasi digital dasar masih perlu diatasi. Secara keseluruhan, kegiatan ini membuktikan bahwa digital marketing memiliki potensi besar untuk mendukung pengembangan UMKM, terutama di daerah pedesaan, dan direkomendasikan untuk diteruskan dengan program pendampingan yang lebih intensif dan dukungan infrastruktur yang memadai

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Ahmad fauzi, A., & Nugroho, F. (2025). PENYULUHAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK UMKM DI DESA SUNGKAP KEAMATAN SUNGAI SELAN KABUPATEN BANGKA TENGAH. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 302–308. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/546