PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) UNTUK PEMBUATAN PERANGKAT DAN BAHAN AJAR DI SD MUHAMMDIYAH PRINGSEWU

Authors

  • Sonianto Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fatoni Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Roby Novianto Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Erlangga Wicaksono Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Agung Setio Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Risalatul Muawanah Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Keywords:

Artificial Intelegence (AI), Perangkat Pembelajaran, Bahan Ajar, Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman teoritis dan praktik kepada para guru di lingkungan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pringsewu tentang penggunaan Artificial Intelegence (AI) untuk pembuatan perangkat dan bahan ajar. Selain itu, para guru juga dibekali tentang peran, fungsi, dan etika penggunaan AI dalam mendukung kinerja para guru, sehingga mampu mendayagunakan teknologi informais khusus AI dengan bijak dan optimal. Pengabdian dilakukan dengan metode pendampingan praktik langsung, para peserta diminta mempraktikan AI yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran sehari-hari dikelas. Hasilnya, para guru memahami dan menerapkan berbagai macam tool AI yang relevan dengan tugas dan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Dari hasil post-test yang dilakukan diakhir kegiatan, sebanyak 73% peserta menyatakan telah mampu menggunakan tools AI untuk berbagai keperluan bahan ajar, sedangkan 27% menyatakan perlu belajar kembali. Selain itu, sebanyak 100% peserta menyatakan bahwa tools AI yang diperkenalkan selama proses pendampingan dipandang layak dan relevan untuk diterapkan untuk pembuatan bahan ajar dan kegiatan pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Sonianto, Fatoni, Novianto, R., Wicaksono, E., Setio, A., & Muawanah, R. (2025). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI) UNTUK PEMBUATAN PERANGKAT DAN BAHAN AJAR DI SD MUHAMMDIYAH PRINGSEWU. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 189–196. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/542