MEMBANGUN LITERASI SAINS SISWA SDI WOROPAPA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Authors

  • Rose Dorocher Katarina Puka Universitas Flores
  • Anjelina Amus Universitas Flores
  • Antonia Felincia Dua Universitas Flores

Keywords:

Literasi sains, Media belajar

Abstract

Indonesia dalam tingkat satuan pendidikan adalah salah satu cara untuk mendukung partisipasi dalam program pemerintah tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membangun literasi  sains peserta didik kelas V melalui media pembelajaran yang kreatif. Metode yang di gunakan dalam  pengabdian adalah metode demonstrasi dan tanya jawab di lakukan kepada peserta didik. Praktikum IPA selaras dengan indikator literasi sains, yaitu kemampuan untuk memberikan penjelasan secara ilmiah, membuat kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah, dan mengembangkan pola pikir reflektif. Dengan melakukan praktikum IPA, peserta didik mampu mengaitkan teori dan fakta melalui pengamatan langsung dan menemukan solusi untuk berbagai masalah. Menurut hasil observasi, siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan dengan sangat serius dan antusias. Setelah praktikum, diberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi, dan hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan ilmiah yang signifikan. Selain itu, guru dan siswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap kegiatan tersebut.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Puka, R. D. K., Amus, A., & Dua, A. F. (2025). MEMBANGUN LITERASI SAINS SISWA SDI WOROPAPA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 279–287. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/530