PENGENALAN BAHASA INGGRIS DASAR KEPADA ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR GOLONGAN ELIT BB DI DESA BORONG BULO, SUNGGUMINASA GOWA

Authors

  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
  • Mardiyanah Nasta Universitas Negeri Makassar
  • Asriati Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Rahmad Risan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

pengenalan bahasa Inggris, anak-anak

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris dasar kepada anak-anak usia sekolah dasar golongan elit BB, mengubah persepsi para orang tua  mereka terhadap pentingnya bahasa Inggris, dan mensosialisasikan hasil pelatihan ini kepada pemerintah untuk memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan bahasa Inggris anak-anak usia sekolah khususnya yang secara ekonomi tergolong tidak mampu. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode yang bervariasi, yaitu   (1) ceramah: penjelasan tentang bahasa Inggris dasar,  (2) diskusi: memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanyakan hal-hal yang kurang dipahami, (3) bermain: untuk menghindari kejenuhan; dan (4) Tes: untuk mengetahui kemajuan peserta sesuai dengan apa yang telah diajarkan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program terlaksana dengan lancar, peserta memperlihatkan minat, motivasi dan perhatian yang baik meskipun kesulitan yang relatif normal  dihadapi mereka , orang tua peserta memiliki persepsi yang positif terhadap pentingnya bahasa Inggris, sosialisasi hasil kegiatan direspon positif pemerintah setempat, dan sekitar 90% peserta mengalami peningkatan yang cukup signifikan terhadap materi bahasa Inggris dasar, dan sisanya perlu diberi latihan-latihan tambahan.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Maemuna Muhayyang, Nasta, M., Asriati, A., G, H., & Risan, R. (2024). PENGENALAN BAHASA INGGRIS DASAR KEPADA ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR GOLONGAN ELIT BB DI DESA BORONG BULO, SUNGGUMINASA GOWA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(06), 1775–1784. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/516