COACHING CLINIC PENULISAN ARTIKEL STUDI META-ANALISIS BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Authors

  • Julham Hukom Universitas Negeri Makassar
  • Fatkhul Ulum Universitas Negeri Makassar
  • Dyah Adila Perdana Universitas Negeri Makassar
  • Isnaeni Universitas Negeri Makassar
  • Sry Wahyuni Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Coaching Clinic, Penulisan Artikel, Studi Meta-Analisis

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Makassar dalam menulis artikel studi meta-analisis. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk coaching clinic di Gedung Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dengan melibatkan mahasiswa sebagai peserta utama. Metode pelaksanaan terdiri dari pemberian materi, diskusi, dan praktik langsung melalui project-based learning. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tedapat 10 mahasiswa berhasil menyusun draft artikel meta-analisis sesuai dengan struktur yang berlaku. Keberhasilan ini dinilai menggunakan lembar pengamatan project yang menekankan aspek sistematika penulisan, kedalaman analisis, dan kesesuaian dengan kaidah akademik. Selain itu, kegiatan ini juga membantu mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menyusun artikel ilmiah berbasis meta-analisis. Kesimpulannya, coaching clinic ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan utamanya yaitu membekali mahasiswa dengan kemampuan teknis dalam menulis artikel studi meta-analisis. Kegiatan ini direkomendasikan untuk diimplementasikan secara berkelanjutan guna meningkatkan produktivitas akademik mahasiswa di bidang penelitian ilmiah.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hukom, J., Ulum, F., Perdana, D. A., Isnaeni, & Wahyuni, S. (2024). COACHING CLINIC PENULISAN ARTIKEL STUDI META-ANALISIS BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(06), 1785–1793. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/512