PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS TERKAIT MATERI LIVING AND NON-LIVING THINGS DENGAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS 4 SD N 1 KAWAN

Authors

  • I Made Ari Setiawan ITP Markandeya Bali
  • I Putu Andika Subagya Putra ITP Markandeya Bali

Keywords:

Pendampingan, Bahasa Inggris, Flashcard

Abstract

Artikel ini membahas pendampingan belajar bahasa Inggris pada materi “Living and Non-Living Things” menggunakan media flashcard di kelas 4 SD N 1 Kawan. Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar bertujuan untuk memperkuat kemampuan komunikasi global siswa melalui pendekatan yang efektif dan menyenangkan. Flashcard digunakan sebagai alat bantu visual untuk membantu siswa memahami dan mengingat konsep dasar tentang makhluk hidup dan benda mati. Selain itu, pendampingan intensif dari guru memainkan peran penting dalam memastikan pemahaman siswa, sesuai dengan teori konstruktivisme yang menekankan partisipasi aktif siswa. Dengan melibatkan siswa dalam aktivitas interaktif seperti diskusi dan pengelompokan gambar, pembelajaran menjadi lebih dinamis dan menarik. Pendekatan ini terbukti membantu siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami kosakata serta menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Melalui strategi ini, diharapkan siswa mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara signifikan sambil menikmati proses belajar yang menyenangkan.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

Setiawan, I. M. A., & Putra, I. P. A. S. (2025). PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS TERKAIT MATERI LIVING AND NON-LIVING THINGS DENGAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS 4 SD N 1 KAWAN. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(01), 1–6. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/508