PENDAMPINGAN BTQ MENGGUNAKAN METODE TALLAQI DI TPQ AL HIDAYAH DADOK TUNGGUL HITAM PADANG
Keywords:
Pendampingan, BTQ, Metode TalaqqiAbstract
Program pendampingan kepada masyarakat melalui pendampingan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di TPQ Al-Hidayah Dadok Tunggul Hitam Padang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an dengan baik. Kegiatan ini melibatkan 10 anak dan dilaksanakan melalui metode talaqqi yang terdiri dari sosialisasi, pembinaan, dan pendampingan. Metode pendampingan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif guru, siswa, dan pengelola TPQ Al-Hidayah Dadok Tunggul Hitam dalam pendampingan kegiatan BTQ menggunakan metode talaqqi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan siswa, diskusi kelompok terfokus (FGD), serta dokumentasi kegiatan. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an. Anak-anak yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an berhasil memperlancar bacaan mereka setelah pendampingan. Sementara itu, bagi mereka yang sudah dapat membaca, pendampingan ini membantu mereka untuk lebih menguasai bacaan dengan baik. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an, tetapi juga memberikan nilai-nilai akhlak dan kedisiplinan yang penting bagi peserta didik. Pendampingan ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk menciptakan generasi yang mencintai Al-Qur’an dan memahami isi serta tata cara membacanya dengan benar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.