SOSIALISASI PENGGUNAAN TGMD-2 SEBAGAI INSTRUMEN PENGUKURAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hikmad Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Hasmyati Universitas Negeri Makassar
  • Nur Indah Atifah Anwar Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Zulfikar Universitas Negeri Makassar

Keywords:

TGMD-2, gerak dasar, sekolah dasar

Abstract

Keterampilan gerak dasar atau yang biasa disebut dengan fundamental movement skills merupakan bangunan dasar untuk aktivitas fisik dan olahraga untuk masa depan anak. Anak yang memiliki kecakapan dalam keterampilan geraknya cenderung memiliki aktivitas fisik yang lebih sering dan lebih lama dengan intensitas moderate dan moderate to vigorous. Keterampilan gerak dasar juga merupakan bangunan dasar dari gerakan yang lebih kompleks untuk anak. Dari berbagai instrumen yang dapat digunakan dalam mengukur keterampilan gerak dasar siswa, Test of Gross Motor Development 2 (TGMD-2) adalah salah satu instrumen yang cukup populer dan cukup lengkap yang dapat digunakan dalam proses pengukuran perkembangan keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar. Namun para guru pendidikan jasmani di sekolah dasar masih sangat kurang yang dapat menggunkan instrumen tersebut, khusunya di Kota Polewali, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kegiatan pengabdian ini berfokus pada pemberian materi terkait pengenalan dan penggunaan instrumen TGMD-2 kepada para guru dan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00 dengan pemberian materi-materi terkait keterampilan gerak dasar dan penggunaan instrumen TGMD-2. Kegiatan ini memberikan dampak positif yaitu meningkatnya pengetahuan tentang bagaimana menggunakan TGMD-2 dalam pembelajaran penjas, meningkatnya pengetahuan tentang pentingnya penguasaan keterampilan gerak dasar untuk siswa sekolah dasar, serta peserta sangat antusias dan kooperatif dalam mengikuti sosialisasi penggunaan TGMD-2 ini.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hakim, H., Hasmyati, Anwar, N. I. A., Aksir, M. I., & Zulfikar, M. (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN TGMD-2 SEBAGAI INSTRUMEN PENGUKURAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(06), 1510–1514. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/457