PENGEMBANGAN POHON LITERASI DI DESA PESABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT

Authors

  • Ni Komang Ariska Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
  • I Wayan Numertayasa Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali

Keywords:

Pohon Literasi, Peningkatan Literasi, Pengabdian Masyarakat, Budaya Membaca,, Literasi Sekolah

Abstract

Pengertian Literasi merupakan  pengetahuan dan keterampilan melalui proses sepanjang hayat yang  berlangsung di sekolah maupun interaksi dengan teman serta masyarakat luas. Pembelajaran literasi akan mendapatkan hasil optimal apabila diberikan sejak anak usia dini sehingga disebut literasi awal. Hal ini dikarenakan pada usia dini terjadi masa golden age, yaitu masa keemasan anak dimana pada masa itu anak mengalami suatu perkembangan yang sangat pesat. GLN (Gerakan Literasi Nasional)  memiliki  tiga  jenis program,  yaitu  Gerakan Literasi Sekolah, Literasi Keluarga, dan juga Gerakan Literasi Masyarakat. Desa Pesaban merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi di kalangan masyarakat khususnya sekolah dasar di Desa Pesaban, namun juga membangun individu yang kritis dan kreatif serta mampu memahami informasi secara mendalam. Program ini bertujuan untuk menyediakan akses bacaan yang menarik untuk memotivasi siswa dalam membaca serta membudayakan kebiasaan literasi di sekolah. Hasil dari program Pohon Literasi ini menunjukan bahwa minat membaca siswa menjadi lebih meningkat, partisipasi dari guru aktif. Dengan demikian,pengembangan pohon literasi di Desa Pesaban terbukti efektif sebagai untuk meningkatkan literasi di Desa Pesaban

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Ariska, N. K., & Numertayasa, I. W. (2024). PENGEMBANGAN POHON LITERASI DI DESA PESABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(06), 1483–1492. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/451