PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASSESMEN BERBASIS LITERASI NUMERASI KURIKULUM MERDEKA GURU MATEMATIKA SMA KECAMATAN TUREN KOTA MALANG

Authors

  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Anita Dewi Utami Universitas Negeri Malang
  • Imam Rofiki Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Ikram Universitas Negeri Makassar
  • Barep Yohanes Universitas PGRI Banyuwangi

Keywords:

Pendampingan, Assesmen, Literasi, Numerasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan pergantian dari kurikulum 2013 dan akan wajib diberlakukan pada tahun 2026 seluruh sekolah menengah di Indonesia. Adaptasi dan juga penyesuaian dilakukan untuk menghadapi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika. Assesmen pembelajaran sangat penting untuk mendukung ketercapaian pembelajaran yang diharapkan berdasarkan kurikulum merdeka. Guru Matematika kecamatan Turen, kota Malang mengalami kesulitan dalam melakukan analisis penyususnan assesmen yang tepat berdasarkan kurikulum merdeka. Permasalahan yang dihadapi ini selanjutnya dilakukan pengabdian dengan tujuan untuk mendampingi penyusunan assesmen berbasis literasi dan numerasi kurikulum merdeka guru Matematika kecamatan Turen, kota Malang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan Identifikasi kebutuhan, workshop dan pelatihan, pendampingan insentif, ujicoba dan revisi, dan evaluasi dan refleksi. Hasil pengabdian terlihat dari pelaksanaan yang dilakukan dengan peserta pendampingan guru Matematika yang tergabung dalam MGMP guru Matematika kecamatan Turen, kota Malang yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Turen. Pelaksanaan menghasilkan pemahaman kepada guru matematika dan juga konsep instrumen assesmen berdasarkan literasi dan numerasi kurikulum merdeka. Kesimpulan dalam pelaksanaan pengabdian ini bahwa pendampingan penyususnan assesmen berbasis literasi dan numerasi kurikulum merdeka lebih ditekankan pada pemecahan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Darmawan, P., Utami, A. D., Rofiki, I., Ikram, M., & Yohanes, B. (2024). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASSESMEN BERBASIS LITERASI NUMERASI KURIKULUM MERDEKA GURU MATEMATIKA SMA KECAMATAN TUREN KOTA MALANG. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(05), 1383–1391. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/429