OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DIERA DIGITAL DI SD DESA TELAGA TUJUH
Keywords:
Optimalisasi Peran Orang Tua, Era Digital, Proses Belajar, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran orang tua dalam proses belajar anak di era digital, khususnya di SD yang berada di Desa Telaga Tujuh.Karena pada umumnya orang tua memberikan pendampingan kepada anak hanya dalam bentuk nasihat dan melewatkan perhatian yang diperlukan anak disebabkan kesibukan dari kedua orang tua. Tetapi tanpa diketahui dan disadari para orang tua bahwa di zaman sekarang dengan kemajuan teknologi, pola pembelajaran mengalami perubahan signifikan, yang menuntut keterlibatan aktif orang tua. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data wawancara mendalam , observasi partisipatif dan dokumentasi. Dalam hal ini orang tua terkendala dalam membagi waktu anatar anak dan pekerjaan. Solusi untuk mengatasi kondala yang dihadapi orang tua dengan memberikan waktu pendampingfan untuk anak 3 jam setelah dari pekerjaan dalam pembelajaran, dan lebih mengutamakan Pendidikan anak. Oleh karenaitu, diperlukan upaya yang maksimal agar anak terdidik dalam segala aspek s dan meningkatkan peran orang tua sebagai pendidik dalam keluarga. Implikasi kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran siswa sekolah dasar. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa orang tua yang aktif mendampingi anak dalam menggunakan teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.