OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DIERA DIGITAL DI SD DESA TELAGA TUJUH

Authors

  • Arnita Synctiana Sari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Shafirza Azzahra Pohan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Nadia Safira Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Ilfan Syafawi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Amelia Zamira Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Aini Kurniawati Suranta Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Rukmini Rukmini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Keywords:

Optimalisasi Peran Orang Tua, Era Digital, Proses Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran orang tua dalam proses belajar anak di era digital, khususnya di SD yang berada di Desa Telaga Tujuh.Karena pada umumnya orang tua memberikan pendampingan kepada anak hanya dalam bentuk nasihat dan melewatkan perhatian yang diperlukan anak disebabkan kesibukan dari kedua orang tua. Tetapi tanpa diketahui dan disadari para orang tua bahwa di zaman sekarang dengan kemajuan teknologi, pola pembelajaran mengalami perubahan signifikan, yang menuntut keterlibatan aktif orang tua. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data wawancara mendalam , observasi partisipatif dan dokumentasi. Dalam hal ini orang tua terkendala dalam membagi waktu anatar anak dan pekerjaan. Solusi untuk mengatasi kondala yang dihadapi orang tua dengan memberikan waktu pendampingfan untuk anak 3 jam setelah dari pekerjaan dalam pembelajaran, dan lebih mengutamakan Pendidikan anak. Oleh karenaitu, diperlukan upaya yang maksimal  agar  anak  terdidik  dalam  segala  aspek s dan  meningkatkan peran orang tua sebagai pendidik dalam keluarga. Implikasi kegiatan pengabdian ini diharapkan  dapat  memberikan  dampak  terhadap  peran  orang  tua  dalam pendampingan pembelajaran siswa sekolah dasar. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa orang tua yang aktif mendampingi anak dalam menggunakan teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar anak.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Sari, A. S., Pohan, S. A., Safira, N., Syafawi, I., Zamira, A., Suranta, A. K., & Rukmini, R. (2024). OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK DIERA DIGITAL DI SD DESA TELAGA TUJUH. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(05), 1296–1304. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/423