STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI TAHU DI DESA TELAGA TUJUH
Keywords:
Strategi Pengembangan, Industri Tahu, Pemasaran DigitalAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah menganalisis strategi pengembangan usaha rumah tahu di desa Telaga Tujuh. Desa ini juga mempunyai potensi besar dalam industri tahu karena melimpahnya bahan baku dan adanya ketrampilan tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Pengabdianini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen. Hasil pengabdianmenunjukkan bahwa strategi pengembangan yang efektif meliputi peningkatan kualitas produk, variasi produk, peningkatan pemasaran dan penguatan hubungan kerjasama. Pengabdian ini juga mengkaji faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan usaha rumahan tahu di desa Telaga Tujuh. Diantaranya adalah pengetahuan dan pengalaman para seniman, kualitas bahan baku, serta inovasi dalam proses produksi. Faktor eksternal meliputi dukungan pemerintah, akses pasar dan perubahan kebutuhan konsumen. Berdasarkan analisis SWOT, strategi pengembangan yang disarankan adalah dengan menggunakan kekuatan internal untuk mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang eksternal dan mengurangi ancaman yang ada. Studi ini memberikan saran praktis bagi pengusaha lokal dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong pertumbuhan industri tahu dalam negeri dan meningkatkan daya saing di pasar lokal dan pulau tersebut. Dengan penerapan strategi yang tepat, diharapkan industri tahu di Desa Telaga Tujuh dapat menjadi bisnis yang profesional dan berkelanjutan, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.