PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA MATEMATIKA DI SDI NDONA 4

Authors

  • Anastasia Melinda Wanda Universitas Flores
  • Berta Kende Universitas Flores
  • Virgilius Bate Lina Universitas Flores

Keywords:

Pemanfaatan, Media, Matematika

Abstract

Pembelajaran adalah proses  interaksi antara peserta didik dan  guru dalam  sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Dalam kegiatan pembelajaran, tentunya terdapat komponen lainnya untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, yaitu media pembelajaran. Dalam pembelajaran Matematika penanaman dan pemahaman konsep dari suatu materi harus menarik minat siswa dan memotivasi siswa agar lebih paham mengenai materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media realia dan visual di SDI Ndona 4. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak terlalu kaku dengan menggunakan media realia dan visual untuk menarik minat siswa. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah dengan membawa media realia dan visual mempermudah proses pembelajaran yang dilaksanakan. Hal ini akan berpengaruh pada pelaksanaan dan keberhasilan dalam pembelajaran materi matematika menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan, operasi pemjumlahan dan pengurangan bilangan, dan ciri-ciri bangun ruang yang sesuai, benar, dan siswa tidak mengalami miskonsepsi.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Wanda, A. M., Kende, B., & Lina, V. B. (2024). PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA MATEMATIKA DI SDI NDONA 4. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(05), 1240–1245. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/419