IMPLEMENTASI REWARD YANG MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDK MBOMBA

Authors

  • Maria Finsensia Ansel Universitas Flores
  • Maria Varina Bia Universitas Flores
  • Veronika Fono Universitas Flores
  • Maria Alda Nadu Mere Universitas Flores
  • Anastasia Apriliyanti Ona Universitas Flores
  • Fransiska Chantalia Dewita Gawo Universitas Flores
  • Melania Wea Universitas Flores

Keywords:

Pemberian Reward Sebagai Bentuk Apresiasi Kepada Peserta Didik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat “bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik  dalam implementasi reward yang menyenangkan dalam pembelajaran sains   kelas IV dan V di SDK Mbomba, pengabdian  ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.  subjek pengabdian  yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik dan mahasiswa . teknik pengumpulan data menggunakan , wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. hasil pengabdian  menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman tentang implementasi  reward. implementasi dilakukan melalui perencanaan dan pelaksanaan. pelaksanaan reward dilakukan oleh mahasiswa  kepada peserta didik  dalam bentuk reward verbal (pujian) dan reward nonverbal (tepuk tangan, senyuman, acungan jempol, penghargaan berupa botol minum, melakukan kegiatan lain. faktor pendukung berasal dari guru, dosen, dan peserta didik , sedangkan kelebihannya yaitu memberikan cendramata kepada pihak  sekolah

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Maria Finsensia Ansel, Maria Varina Bia, Veronika Fono, Maria Alda Nadu Mere, Anastasia Apriliyanti Ona, Fransiska Chantalia Dewita Gawo, & Melania Wea. (2024). IMPLEMENTASI REWARD YANG MENYENANGKAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SDK MBOMBA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(04), 1195–1199. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/396

Issue

Section

ARTICLES