EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI STRATEGI MENGATASI STRES KERJA PADA KARYAWAN PT PLN IP UBP TELLO
Keywords:
Stres, Stres kerja, Karyawan, PsikoedukasiAbstract
Dalam sebuah organisasi perusahaan, peran karyawan merupakan faktor yang sangat vital dalam mencapai dan menjalankan fungsi serta tujuan perusahaan sehingga perlu untuk dikelola dengan baik. Stres merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, setiap orang pernah mengalami stres. Stres kerja mengacu pada keadaan tegang yang berpengaruh terhadap pikiran, emosi, serta kondisi fisik seseorang yang kemudian berdampak pada kemampuan karyawan dalam mengadapi lingkungan dan pekerjaannya. Stres kerja dapat bersumber dari berbagai hal seperti lingkungan fisik di tempat kerja, tingkatan individu, dan stres kerja yang bersumber dari kelompok dan organisasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karyawan mengenai strategi mengatasi stress kerja. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu melalui psikoedukasi dengan menggunakan zoom meeting. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon, sebuah metode uji nonparametrik untuk membandingkan dua sampel terkait atau berpasangan. Hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan menunjukkan p = 0,003< 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil skor pre-test dan post-test. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan pemahaman peserta psikoedukasi terkait stategi mengatasi stres kerja sebelum dan sesudah mengikuti psikoedukasi yaitu terjadi peningkatan pemahaman strategi mengatasi stres kerja pada peserta psikoedukasi. Hal ini menunjukkan bahwa psikoedukasi ini bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan karyawan terkait stress kerja. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan kegiatan psikoedukasi ini berhasil dalam meningkatkan pemahaman karyawan terkait stress kerja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.