UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGUASAI ABJAD MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD

Authors

  • Virgilius Bate Lina Universitas Flores
  • Ermelinda Medo Universitas Flores
  • Kristina Toyo Universitas Flores
  • Hermina Sartika Monis Universitas Flores

Keywords:

Kartu Huruf, Media Gambar dan Kemampuan Membaca

Abstract

Perkembangan Bahasa melalui membaca perlu di berikan kepada anak usia dini untuk memahami tulisan dan menyesuaikan tahapan berpikir anak sebagai proses yang di mulai dari mengenal huruf,suku kata dan akhir kalimat terhadap makna atau maksut dalam berbagai konteks wacana untuk itu guru perlu kreatif memberikan media yang konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual dan kartu abjad meningkatkan kemampuan membaca anak. Subjek penelitian ini adalah anak usia 6-7 tahun di SD WOLOTOLO,KEC. DETUSOKO, KAB. ENDE, yang berjumlah 28 anak.penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua sikklus yaitu siklus I dan siklus II, melalui tahapan, yaitu  perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data  yang di pakai adalah observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil yang diperoleh yaitu penggunaan visual dan kartu abjad dapat menolong anak  di SD WOLOTOLO, KEC. DETUSOKO, KAB. ENDE, dapat membaca.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Virgilius Bate Lina, Ermelinda Medo, Kristina Toyo, & Hermina Sartika Monis. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGUASAI ABJAD MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(04), 1126–1131. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/386

Issue

Section

ARTICLES