MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA/I SDI ENDE 14 MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM

Authors

  • Nining Sariyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Finsensius Mbabho Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Yohana Nono BS Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Maria Valeria Perada Samon Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Indrianti Anjelina Hikon Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Keywords:

Literasi sains, Media belajar

Abstract

Gerakan Nasional Literasi bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di seluruh Indonesia. Memulai gerakan literasi sains di tingkat satuan pendidikan adalah salah satu cara untuk mendukung partisipasi dalam program pemerintah tersebut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains peserta didik kelas IV dan V di SDI Ende 14 melalui praktikum IPA sederhana. Praktikum IPA selaras dengan indikator literasi sains, yaitu kemampuan untuk memberikan penjelasan secara ilmiah, membuat kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah, dan mengembangkan pola pikir reflektif. Dengan melakukan praktikum IPA, peserta didik mampu mengaitkan teori dan fakta melalui pengamatan langsung dan menemukan solusi untuk berbagai masalah. Menurut hasil observasi, siswa mengikuti dan melaksanakan kegiatan dengan sangat serius dan antusias. Setelah praktikum, diberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi, dan hasil menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan ilmiah yang signifikan. Selain itu, guru dan siswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap kegiatan tersebut.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Nining Sariyyah, Finsensius Mbabho, Yohana Nono BS, Maria Valeria Perada Samon, & Indrianti Anjelina Hikon. (2024). MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA/I SDI ENDE 14 MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(04), 1114–1125. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/385

Issue

Section

ARTICLES