ANALISIS DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN UMKM WARUNG DANGKITA, SAMARINDA
Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Warung Dangkita, Samarinda, Integrasi Media Sosial, Optimasi Mesin Pencari (SEO), Iklan Online, Keterlibatan Pelanggan, Pertumbuhan Bisnis, Literasi Digital, Pengabdian MasyarakatAbstract
(Kemajuan pesat teknologi digital telah mempengaruhi berbagai sektor ekonomi, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Artikel pengabdian masyarakat ini menganalisis peran dan efektivitas pemasaran digital dalam pengembangan Warung Dangkita, sebuah UMKM yang berlokasi di Samarinda. Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital utama yang dapat meningkatkan visibilitas, keterlibatan pelanggan, dan pertumbuhan keseluruhan Warung Dangkita. Temuan awal menunjukkan bahwa integrasi platform media sosial, optimasi mesin pencari (SEO), dan iklan online yang ditargetkan telah meningkatkan lalu lintas pelanggan dan penjualan. Selain itu, pengabdian ini menyoroti tantangan seperti literasi digital yang terbatas dan kebutuhan untuk terus beradaptasi dengan tren digital yang berubah. Artikel ini menyimpulkan dengan rekomendasi praktis bagi UMKM untuk memanfaatkan alat pemasaran digital secara efektif, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di pasar yang kompetitif di Samarinda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.