PELAKSANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR MANDIRI (AJARMI) SEBAGAI KEGIATAN MBKM MANDIRI DI SMAN 8 MAROS

Authors

  • Geminastiti Sakkir Universitas Negeri Makassar
  • Nabila Ananda Khairiyyah Universitas Negeri Makassar
  • Nindi Rika Riani Universitas Negeri Makassar
  • Nilasari Rustan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Asistensi mengajar, Bahasa Inggris, MBKM, Mandiri, AjarMI

Abstract

Program Asistensi Mengajar Mandiri (AjarMI) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri yang ditawarkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar untuk mewadahi mahasiswa yang tidak lulus program Kampus Mengajar. Program ini sama halnya dengan program Kampus Mengajar berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di berbagai Desa/ Kota di Indonesia. Dalam hal ini program AjarMI dilakukan di SMAN 8 Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Program ini memberikan tanggungjawab kepada mahasiswa untuk membantu pihak sekolah dalam hal meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Hasil dari program ini yakni sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya terutama bidang pendidikan; mengasah keterampilan dan problem solving dalam bekerja bersama khususnya dalam bidang pendidikan bahasa Inggris; mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Geminastiti Sakkir, Nabila Ananda Khairiyyah, Nindi Rika Riani, & Nilasari Rustan. (2024). PELAKSANAAN PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR MANDIRI (AJARMI) SEBAGAI KEGIATAN MBKM MANDIRI DI SMAN 8 MAROS . PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(03), 694–702. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/298

Issue

Section

ARTICLES