PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL DAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN UMKM DI DESA BANJARMANGU
Keywords:
Pengembangan, Produk, Lokal, MotivasiAbstract
(Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Banjarmangu memiliki kontribusi besar dalam perputaran roda perekonomian warga , namun belum semua pelaku usaha dapat memaksimalkan manajemen berwirausaha karena keterbatasan ketrampilan. Seminar dan Pelatihan merupakan konsep dasar dalam pengembangan sumber daya manusia dan dorongan motivasi dalam berwirausaha harus ditekankan agar menjadi semangat dalam mencapai tujuan berwirausaha. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta berantusias dan merasakan manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan. Keterbatasan keterampilan dalam produksi dan pemasaran digital menjadi hambatan utama. Mayoritas UMKM membutuhkan pelatihan dalam produksi, pemasaran digital, dan keuangan. Kurangnya keterampilan tersebut kedepanya perlu adanya perhatian lebih dengan adanya program lanjutan dari dinas terkait.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.