EDUKASI ANADALO MOMAHE (MENGINGAT POLA MAKAN SEHAT DAN ENAK) DI SD NEGERI 5 MORAMO UTARA, KONAWE SELATAN TAHUN 2024

Authors

  • Rahman Universitas Halu Oleo
  • Hartati Bahar Universitas Halu Oleo
  • Suhadi Universitas Halu Oleo
  • Jafriati Universitas Halu Oleo
  • Nurmaladewi Universitas Halu Oleo
  • Paridah Universitas Halu Oleo

Keywords:

Edukasi, Dyspepsia, MOMAHE

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal. Sekolah merupakan subsistem pendidikan formal. Sekolah merupakan subsistem pendidikan, karena lembaga  Pendidikan, karena lembaga pendidikan itu sesungguhnya identic dengan jaringan-jaringan kemasyarakatan, sebab dalam prosesnya terdapat aktifitas kemanusiaan dan pemanusiaan sejati . Sementara itu, siswa/i membutuhkan konsumsi pangan yang cukup dengan gizi seimbang karena masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Siswa sekolah dasar menghabiskan seperempat waktunya untuk beraktivitas di sekolah. Mereka lebih banyak mengkonsumsi makanan jajanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan makanan jajanan yang baik untuk dikonsumsi sehingga tidak menimbulkan masalah Dyspepsia (Gangguan Pencernaan), maka dari itu tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman kepada siswa (i) di SDN 5 Moramo Utara mengenai Dyspepsia (Gangguan Pencernaan), dan cara  menerapkan pola makanan sehat melalui media poster. Berdasarkan hasil kuesioner pre test dan post test didapatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata pre test yang diberikan sebelum penyuluhan dan post test yang diberikan setelah penyuluhan. Hal ini menandakan bahwa pemberian poster kepada siswa (i) sebagai media penyuluhan telah berhasil merubah pengetahuan dan sikap mereka.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Rahman, Hartati Bahar, Suhadi, Jafriati, Nurmaladewi, & Paridah. (2024). EDUKASI ANADALO MOMAHE (MENGINGAT POLA MAKAN SEHAT DAN ENAK) DI SD NEGERI 5 MORAMO UTARA, KONAWE SELATAN TAHUN 2024. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(02), 422–429. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/264

Issue

Section

ARTICLES