PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI ALAT PERAGA PAPAN TULANG NAPIER

Authors

  • Lana Sugiarti Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Emilianus Jehadus Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Marianus Alberto Nona Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Keywords:

Alat Peraga, Papan Tulang Napier, Bilangan Bulat

Abstract

Pengabdian ini  bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami operasi pada bilangan bulat khususnya pada operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat. Alat peraga Papan Tulang Napier adalah alat bantu bagi guru dalam menjelaskan materi operasi bilangan bulat pada siswa. Papan Tulang Napier dapat juga digunakan untuk mencari hasil pembagian dan menentukan akar dari suatu bilangan. Alat peraga ini biasa digunakan pada bilangan dengan basis 10 dan basis 8. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah dan demonstrasi. Langkah yang dilakukan oleh tim pengabdian yaitu menentukan jenis alat peraga yang digunakan beserta dengan kesesuaian materi, membuat alat peraga, melaksanakan kegiatan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada siswa kelas 7 SMP N 1 Langke Rembong. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa dan keterampilan siswa dalam berhitung terutama dalam menentukan hasil perkalian maupun pembagian pada bilangan bulat dengan basis 10 maupun basis 8 serta memberikan referensi bagi guru tentang penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Selama kegiatan pengabdian ini berlangsung, siswa antusias dalam mengikuti kegiatan dan merasa terbantu dalam memahami materi yang diajarkan.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Lana Sugiarti, Emilianus Jehadus, & Marianus Alberto Nona. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI ALAT PERAGA PAPAN TULANG NAPIER. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(01), 204–209. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/207