PENDAMPINGAN STRATEGI BISNIS BAGI PELAKU USAHA CATERING DI NGLEGOK BLITAR
Keywords:
Pendampingan Strategi Bisnis, Strategi Bisnis, Model Bisnis CanvasAbstract
Pengembangan bisnis UMKM memerlukan strategi pemasaran guna mendorong bisnis untuk dapat bertahan dan bersaing dengan usaha lainnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu dengan pembentukan model bisnis canvas yang sudah populer digunakan oleh banyak perusahaan. Salah satu UMKM yang berkompeten yaitu usaha catering. Metode yang digunakan yaitu metode survei, sedangkan untuk mencatat data primer maupun sekunder menggunakan metode wawancara, observasi, pencatatan data, dan dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 9 elemen dalam bisnis Model Canvas yaitu, value proposition (proposisi nilai), customer segments (segmen pelanggan), customer relationship (hubungan pelanggan), channels (saluran), key activities (kegiatan utama), key resources (sumber daya utama), key partners (mitra utama), cost structures (struktur biaya), dan revenue streams (aliran pendapatan) dalam usaha Para pelaku usaha catering di Nglegok Blitar sudah lengkap, tetapi memiliki kelemahan pada yaitu key partnerships yang tidak memilik partner dari kurir makanan. Saran yang diberikan penulis, selain melakukan inovasi produk, sebaiknya bekerja sama dengan kurir makanan yang dapat membantu dalam proses delivery yang terjamin keamanannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.