PENERAPAN SOSIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( KERUPUK ARLOVA )

Authors

  • Mirra Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diah Khairiyah Univeritas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardhiyah Dwi Ilhami Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Sosial Media, Usaha Mikro Kecil Menengah, Marketing

Abstract

Social Media Marketing yaitu suatu kegiatan pemanfaatan platform sosial media dalam melakukan aktivitas promosi suatu usaha. Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka kuliah kerja nyata ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha jual beli kerupuk olahan rumah tangga dengan nama kerupuk Arlova, yang berlokasi di kelurahan bentiring permai kota Bengkulu. Usaha ini sudah berdiri kurang lebih selama 2 tahun, akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih menggunakan cara-cara konvensional. Oleh karena itu UMKM kerupuk Arlova ini perlu diberikan pelatihan dalam pemanfaatan sosial media marketing sebagai strategi pemasaran, guna meningkatkan sistem pemasaran UMKM dan memperluas cakupan target pemasaran usaha. Selain itu, nantinya UMKM akan diberikan pendampingan dalam membuat akun sosial media yaitu Instagram dan Facebook serta cara pembuatan konten promosi menggunakan platform Canva. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan memberikan materi berupa pemanfaatan media sosial, serta pendampingan dan pelatihan pembuatan dan pengelolaan akun media sosial sebagai strategi pemasaran.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Mirra Sri Wahyuni, Diah Khairiyah, & Mardhiyah Dwi Ilhami. (2024). PENERAPAN SOSIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( KERUPUK ARLOVA ). PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(01), 102–112. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/185