SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN KEPADA SISWA SMA NEGERI 2 SAMARINDA
Keywords:
Kewirausahaan, Wirausaha, Rencana PemasaranAbstract
Data BPS pada tahun 2022 menunjukkan masih rendahnya jumlah wirausaha di Indonesia yaitu hanya sebesar 3,14% dibandingkan dengan negara Singapura, Malaysia dan Thailand. Hal tersebut membuktikan bahwa kurangnya ketertarikan masyarakat akan penting dan unggulannya menjadi seorang wirausahawan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai kewirausahaan mencakup komponen utama wirausaha dan rencana pemasaran yaitu strategi pemasaran, bauran pemasaran dan analisis SWOT. Dan menjadi upaya dalam menciptakan minat bagi anak muda agar dapat menjadi wirausaha berskala UMKM guna meningkatkan kualitas diri dan pertumbuhan ekonomi negara. Kegiatan ini menggunakan metode pendidikan masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada siswa SMAN 2 Samarinda. Penyuluhan akan pengatahuan kewirausahaan baik dimulai sejak dini dan pada kelompok masyarakat yang memiliki potensi besar yaitu kelompok kalangan anak muda memiliki inovasi, kreativitas, ide-ide, dan semangat dalam mencapai hasil. Maka penting untuk memberikan pemahaman dasar dan mendalam mengenai bagaimana menjadi seorang pengusaha yang pintar guna memperkuat pondasi ide-ide anak muda dalam mewujudkan impian, kreativitas serta inovasi bisnis yang berpeluang besar. Kegiatan sosialisasi ini penting untuk menumbuhkan minat kalangan muda khususnya siswa sekolah menengah atas untuk menjadi seorang pengusaha. Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mereka mengimplementasikan ide, kreativitas, dan inovasi dalam membentuk suatu bisnis dan dapat mensejahterakan individu maupun masyarakat di masa depan serta menjadi agen perubahan yang ikut andil dalam perekonomian negara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.