IMPLEMENTASI PEMBUKAAN TABUNGAN IB HIJRAH HAJI MELALUI MDIN PADA BANK MUAMALAT KC JEMBER

Authors

  • Ilma Musdalifah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Dian Cahyani Putri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nadia Azalia Putri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Service learning, MDIN

Abstract

Implementasi pembukaan tabungan IB Hijrah Haji untuk meningkatkan kualitas pelayanan nasabah yang lebih efisien. Pada era teknologi digital, sektor perbankan terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada nasabah. Salah satu inovasi menarik adalah pembukaan tabungan "Ib Hijrah Haji" melalui aplikasi MDIN di Bank Muamalat KC Jember. Tabungan ini sebagai produk khusus perjalanan haji memberikan aksesibilitas dan kemudahan bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak implementasi inovatif ini terhadap respons nasabah, pertumbuhan jumlah tabungan, dan integrasi prinsip syariah ke dalam proses digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif dengan menerapkan Service Learning (SL). Pengabdian masyarakat dilakukan melalui pembukaan tabungan "Ib Hijrah Haji" melalui mobile banking. Alat analisis yang digunakan melibatkan handphone dan komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah merasakan kemudahan dan efisiensi dalam pembukaan tabungan haji melalui MDIN. Tabungan ini memungkinkan penyesuaian tahun keberangkatan dan besarnya setoran sesuai kemampuan finansial nasabah. Keuntungan lain termasuk fasilitas autodebet, pengelolaan syariah dengan akad wadi’ah, dan berbagai keuntungan lainnya.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Ilma Musdalifah, Dian Cahyani Putri, & Nadia Azalia Putri. (2023). IMPLEMENTASI PEMBUKAAN TABUNGAN IB HIJRAH HAJI MELALUI MDIN PADA BANK MUAMALAT KC JEMBER. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(04), 922–928. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/152