PELATIHAN PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS TUJUH FASE TUGAS INTEGRATIF KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS MAN PANGKEP

Authors

  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Mardiyanah Nasta Universitas Negeri Makassar
  • Fitri Radhiyani Universitas Negeri Makassar
  • Rahmad Risan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kosakata, Bahasa Inggris, Tujuh Fase

Abstract

Pengajaran kosakata berbasis tugas integratif menyajikan lima sampai tujuh kata baru kepada siswa dalam setiap pertemuan yang disajikan oleh guru secara lisan dan tertulis. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan  salah satu metode pengajaran kosakata bahasa Inggris yang dapat bermanfaat bagi guru- guru bahasa Inggris MAN Pangkep dalam mengajarkan kosakata secara terpadu dengan keterampilan berbahasa Inggris yang lain. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam metode pengajaran ini dirancang untuk memfasilitasi siswa dalam melatihmahirkan dan menggunakan kata-kata tersebut dalam keterampilan menyimak, membaca, menulis berbicara yang dilakukan baik secara individu, berpasangan maupun berkelompok.  Kegiatan ini menunjukkan bahwa guru secara teoritis mampu mengimplementasikan metode pengajaran kosakata ini dengan baik sehingga 80-95 % dari 69 siswa sebagai peserta pelatihan ini mampu mengingat kata-kata yang telah diajarkan. Dengan demikian, kegiatan ini menyimpulkan bahwa siswa bisa mengingat kata-kata bahasa Inggris dengan baik bila mereka diajar dengan berbagai macam kegiatan yang bervariasi dan integratif dengan keterampilan-keterampilan berbahasa lainnya.  

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Maemuna Muhayyang, Hasriani G, Mardiyanah Nasta, Fitri Radhiyani, & Rahmad Risan. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS TUJUH FASE TUGAS INTEGRATIF KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS MAN PANGKEP. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(04), 761–770. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/128