INOVASI PENANGANAN BULLYING DI SEKOLAH BERBASIS APLIKASI DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Yuni Ertinawati Universitas Siliwangi
  • Ai Siti Nurjamilah Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi

Keywords:

Bullying, Aplikasi Digital, Era Society 5.0

Abstract

Bullying merupakan sebuah hasrat untuk menyakiti dalam berbagai bentuk tindakan, seperti penganiayaan fisik, pencemaran nama baik, intimidasi, ejekan, pengucilan sosial, dan tindakan kekerasan lainnya. KPAI mencatat, terdapat total 26.954 laporan yang masuk sepanjang September 2011 sampai dengan September 2021 kasus yang berkaitan dengan bullying. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bullying di sekolah, termasuk tekanan sosial, ketidaksepahaman terhadap perbedaan, ketidakmampuan untuk mengatasi konflik, kurangnya pengawasan dari orang dewasa, dan adanya faktor lingkungan yang tidak kondusif. Melalui program Pengabdian Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat (PbM-PKM) Universitas Siliwangi Tasikmalaya, tim pengusul bermaksud untuk mengadakan sebuah pengabdian berupa penyuluhan terkait penggunaan aplikasi berbasis digital yang dapat digunakan oleh peserta didik ataupun wali muird dalam mengatasi kasus bullying yang terjadi di SDN 4 Gunungsari, Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan para wali murid siswa SDN 4 Gunungsari tentang pengertian, penyebab, bentuk, dampak, tanda, penanganan, pencegahan setelah diberikan penyuluhan. Peningkatan pengetahuan ini karena adanya paparan informasi melalui penyuluhan atau edukasi kesehatan sehingga ada pengetahuan dan pelajaran yang diterima oleh para walimurid siswa SDN 4 Gunungsari tentang bullying

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Yuni Ertinawati, Ai Siti Nurjamilah, & Ichsan Fauzi Rachman. (2023). INOVASI PENANGANAN BULLYING DI SEKOLAH BERBASIS APLIKASI DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(04), 693–701. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/120