PENGENALAN BUDAYA DAERAH DAN HIDROPONIK KEPADA ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA DALAM RANGKA MENANAMKAN NASIONALISME DAN MINAT PADA PERTANIAN
Keywords:
Budaya Daerah, Pekerja Migran, PertanianAbstract
Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Pemerataan akses pendidikan juga menjadi masalah yang serius, khususnya untuk warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Menaggapi permasalahan tersebut, kegiatan Proyek Kemanusiaan Bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dan INTI International University memberikan kesempatan terhadap akses pendidikan kepada anak-anak yang tidak dapat menempuh Pendidikan formal di sekolah umum di Malaysia akibat adanya ketidaklengkapan dokumen-dokumen yang menjadi syarat pendaftaran di sekolah umum. Kegiatan ini fokus kepada pendidikan informal, menggunakan metode Participatory Action Research di Sanggar Bimbingan Gombak Utara, Kuala Lumpur, Malaysia dengan peserta didik setara SD (Sekolah Dasar). Kegiatan tersebut fokus kepada pengenalan budaya untuk menanamkan nasionalisme dan pertanian yaitu dengan media hidroponik, pendidikan diberikan melalui sarana yang interaktif seperti games, kuis maupun video pembelajaran yang diobservasi langsung setiap harinya. Hasil kegiatan menggunakan media yang interaktif tersebut mempermudah siswa memahami materi yang diberikan, dan terjadi peningkatan rasa nasionalisme, toleransi, pengetahuan budaya daerah dan pengetahuan di sektor pertanian kepada siswa di Sanggar Belajar Gombak Utara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.