PENGEMBANGAN LITERASI ANAK: MENYULAM WAWASAN, MEMANTAPKAN KESADARAN BERBAHASA

Authors

  • Muhammad Fikril Machmuddin Universitas Negeri Makassar
  • Suarni Syam Saguni Universitas Negeri Makassar
  • Shiva Putri Maulida Universitas Negeri Makassar
  • Nurfadillah Abdullah Universitas Negeri Makassar
  • Esau Prendianto Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Literasi, Pengembangan Literasi, Pendidikan

Abstract

Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, literasi tidak hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga menjadi keterampilan hidup yang esensial untuk memahami dan mengaplikasikan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia, kemampuan literasi masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara maju. Artikel ini membahas pentingnya pengembangan literasi dalam menyulam wawasan dan memantapkan kesadaran berbahasa, terutama bagi generasi muda. Program pengabdian masyarakat di Rumah Baca Aksi Indonesia Muda di Makassar melibatkan 24 anak dan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutupan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan membaca, kesadaran berbahasa, dan motivasi belajar anak-anak. Kesimpulannya, pengembangan literasi adalah kebutuhan mendesak yang memerlukan sinergi antara pendidikan formal, informal, dan nonformal serta dukungan dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintah untuk membentuk generasi muda yang cerdas, kreatif, dan kompetitif.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Muhammad Fikril Machmuddin, Suarni Syam Saguni, Shiva Putri Maulida, Nurfadillah Abdullah, & Esau Prendianto. (2024). PENGEMBANGAN LITERASI ANAK: MENYULAM WAWASAN, MEMANTAPKAN KESADARAN BERBAHASA. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(03), 825–831. Retrieved from https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/321

Issue

Section

ARTICLES